Sunday, November 7, 2010

Menara Eifeel Story






Menara Eiffel pada waktu senja

Sulit untuk percaya sekarang, tapi ketika Menara Eiffel diusulkan pada akhir 1800-an, banyak penduduk Paris - dan warga negara Prancis secara umum - menentangnya.Berikut adalah melihat cerita di balik salah satu struktur arsitektur yang paling dikenal di bumi.

BERPIKIR REVOLUSIONER
Pada 1885, para pejabat Perancis mulai merencanakan Pameran Besar 1889, suatu perayaan ulang tahun ke-100 Revolusi Perancis. Mereka ingin membangun semacam monumen yang akan sebagai mulia seperti Perancis sendiri.
Monumen Washington, sebuah batu dan marmer obelisk, baru-baru ini telah selesai.Pada 557 meter, itu adalah gedung tertinggi di bumi. Prancis memutuskan ke atas itu dengan membangun 1.000 menara hak-kaki-tinggi di jantung kota Paris.
Sekarang mereka harus lakukan adalah menemukan seseorang yang bisa merancang dan membangunnya.

TERBUKA MUSIM
Pada tanggal 2 Mei 1886, pemerintah Prancis mengumumkan sebuah kontes desain: insinyur Perancis dan arsitek diundang untuk "mempelajari kemungkinan mendirikan di Champ de Mars sebuah menara besi dengan dasar 125 meter persegi dan 300 meter tinggi."
Apapun kontestan memutuskan untuk mengusulkan, desain mereka harus memenuhi dua kriteria lain: 1) struktur harus swadana-hal itu untuk menarik pengunjung cukup membeli tiket untuk eksposisi untuk membayar konstruksi sendiri; dan 2) harus struktur sementara yang dapat dihancurkan dengan mudah di akhir Pameran.

Merci ... NAMUN TIDAK, Merci
Lebih dari 100 proposal yang diajukan oleh batas waktu 18 Mei. Sebagian besar cukup konvensional, tetapi ada yang benar-benar aneh. Satu orang diusulkan membangun guillotine besar; lain menyarankan mendirikan sebuah sprinkler 1000-kaki-tinggi untuk air semua Paris selama kekeringan; sepertiga disarankan menempatkan lampu listrik besar di atas menara yang - dengan bantuan cermin parabola ditempatkan secara strategis - akan memberikan seluruh kota "delapan kali lebih terang yang diperlukan untuk membaca koran."


NO CONTEST
  Sebenarnya, tak satu pun dari mereka punya kesempatan.Pada saat kok, kontes diumumkan

 Alexandre-Gustave 
Eiffel - satu tahun struktural insinyur-53 Prancis sudah dianggap "master pembangun dalam logam" memiliki pekerjaan sampai dijahit. (Dia kemudian akan menjadi seperti le Magicien du Fer - "Magician Besi.")



Minggu sebelumnya, ia bertemu dengan Menteri Perancis Edouard Lockroy dan disajikan rencana untuk sebuah menara besi tempa ia siap untuk membangun. Eiffel telah ditugaskan 5.329 gambar mekanik yang mewakili 18.038 komponen yang berbeda yang akan digunakan. Lockroy begitu terkesan bahwa ia dicurangi kontes sehingga hanya desain Eiffel akan menang.

rencana untuk menara Eiffel

JOINT VENTURE
Pada bulan Januari 1887, Eiffel menandatangani kontrak dengan pemerintah Perancis dan Kota Paris. Eiffel & Company, perusahaan teknik nya, setuju untuk memberikan kontribusi 1,3 juta estimasi biaya menara $ 1.600.000 konstruksi. Sebagai gantinya, Eiffel akan menerima semua pendapatan yang dihasilkan oleh menara selama pameran ... dan selama 20 tahun sesudahnya. (Pemerintah setuju untuk meninggalkan menara setelah Pameran.) Setelah itu, kepemilikan penuh dikembalikan ke Kota Paris.Mereka bisa meruntuhkannya jika mereka ingin.


MESIN UANG
Tidak seperti monumen publik lainnya, Menara Eiffel dirancang untuk membuat uang dari awal. Jika Anda ingin mengambil lift atau tangga ke cerita pertama, Anda harus membayar 2 franc; akan semua jalan ke franc biaya atas 5 (Minggu lebih murah). Itu baru awalnya, restoran, kafe, dan toko direncanakan untuk cerita pertama, sebuah kantor pos, kantor telegraf, roti, dan percetakan direncanakan untuk cerita kedua.Secara keseluruhan, menara ini dirancang untuk menampung hingga 10.416 pelanggan yang membayar pada suatu waktu.


Inovatif
Konstruksi dimulai pada tanggal 26 Januari dengan bukan saat luang. Dengan hanya dua tahun lagi untuk membangun menara pada waktunya untuk pembukaan Pameran, Eiffel harus membangun menara lebih cepat daripada struktur yang sama telah dibangun sebelumnya. Monumen Washington, hanya lebih dari setengah ukuran Menara Eiffel, telah mengambil 36 tahun untuk menyelesaikannya.


PARIS PIHAK PENGACAU
Sebuah menara 1.000 kaki akan kerdil pemandangan Paris dan mengalahkan landmark kota lainnya, termasuk Notre Dame, Louvre, dan Arc de Triomphe. Ketika menggali dimulai pada yayasan, lebih dari 300 Paris terkemuka menandatangani petisi memprotes menara. Mereka mengklaim bahwa "lilin hallow" Eiffel akan "menjelekkan dan aib" kota. Tapi Eiffel dan kota diabaikan permohonan, dan bekerja terus tanpa gangguan.

Foto konstruksi Menara Eiffel

KETAKUTAN LAINNYA
Menara ini masih memiliki pengritiknya. Seorang profesor matematika Prancis meramalkan bahwa ketika struktur melewati tanda 748-kaki, tak terelakkan akan roboh; lain "ahli" meramalkan bahwa batang menara keringanan akan membunuh semua ikan di Seine.
Edisi Paris dari New York Herald mengklaim menara ini perubahan cuaca, dan surat kabar harian Le Matin berlari judul cerita mengklaim "Tower Sinking. The" Jika benar-benar mulai tenggelam, "difortifikasi Le Matin," lebih jauh bangunan harus berhenti dan bagian-bagian yang sudah dibangun harus dibongkar secepat mungkin. "Karena kemajuannya menara terus berlanjut, bagaimanapun, rasa kagum mulai menggantikan rasa takut.


DELAPAN KEAJAIBAN DUNIA
Sebagian besar kemajuan dalam arsitektur dan teknik yang inkremental. Jika, misalnya, Anda ingin membangun bangunan pertama di dunia 10-cerita, Anda akan mengharapkan untuk mempelajari teknik-teknik konstruksi dari 8-dan bangunan 9-cerita pertama.
Tetapi Gustave Eiffel tidak memiliki kemewahan itu. Tidak seorang pun pernah membangun sebuah menara besi seperti miliknya dari berbagai ukuran ... apalagi yang dua kali lebih tinggi sebagai gedung tertinggi di bumi.


AN ENGINEERING GENIUS
Untuk menyelesaikan tugasnya, Eiffel merancang beberapa teknik sangat cerdas:
• Tidak seperti proyek-proyek rekayasa besar-besaran hari, ia hampir semua suku cadang yang digunakan dalam menara prefabrikasi off-situs dalam lokakarya-nya. Ini berarti bahwa ketika mereka tiba di menara, bagian dengan cepat bisa terpaku ke tempatnya dengan minimal rewel.
• lubang keling Para itu sendiri predrilled ke toleransi sepersepuluh dari satu milimeter, sehingga memungkinkan untuk dua puluh tim memukau untuk mendorong rata-rata 1.650 paku keling sehari.
Tidak ada • dari girder yang digunakan di menara diizinkan untuk menimbang lebih dari tiga ton. Hal ini memungkinkan untuk menggunakan crane yang lebih kecil untuk mengangkat segala sesuatu ke tempatnya. Seperti Joseph Harris menulis dalam The Tower Tertinggi:
Eiffel telah belajar bahwa menggunakan komponen kecil lebih cepat dan lebih aman, bahkan jika metode nya memang membutuhkan lebih memukau, untuk crane bisa lebih kecil dan lebih mobile. Kemungkinan kecelakaan berkurang, dan jika memang terjadi akibat kurang serius.Gunakan penyangga yang lebih besar akan memperlambat seluruh operasi dan diperlukan dan rumit metode konstruksi yang lebih mahal.
Berkat langkah-langkah lain keselamatan dan ini, Menara Eiffel - tertinggi konstruksi situs dunia - juga merupakan salah satu yang paling aman. Dari ratusan orang yang bekerja di menara, hanya satu, riveter asisten bernama Dussardin, jatuh ke kematiannya.

Pilar
Pada hari-hari awal proyek ini, ada empat lokasi konstruksi sebenarnya di Menara Eiffel, satu untuk setiap kaki, atau "dermaga." Dermaga ini tidak bergabung bersama-sama sampai tingkat 180-kaki ... dan setelah titik ini tercapai, mereka harus mengatur tingkat sempurna dengan satu sama lain untuk menciptakan sebuah platform horizontal sempurna di mana 800 sisa kaki menara dapat dibangun. Jika dermaga bahkan sedikit dari deretan, kesenjangan terkecil di dasar menara akan diperbesar di atas: itu akan muncul untuk bersandar.
Eiffel tahu tidak ada cara dia bisa menjamin dermaga akan vertikal ketika selesai - margin untuk kesalahan terlalu besar. Jadi dia dipasang piston hidrolik sementara di dasar masing-masing kaki. Dengan cara itu, seperti bekerja pada menara berlangsung, ia bisa "menyempurnakan" menara tersebut ke dalam keselarasan sempurna dengan sedikit menaikkan atau menurunkan kaki masing-masing. Ketika menara ini benar sejajar, pekerja dapat mendorong wedges besi ke dermaga untuk mengamankan mereka secara permanen.
Ternyata, Eiffel memiliki sedikit perlu khawatir. Bahkan pada tingkat 180-kaki, yang terburuk dari empat dermaga besar kurang dari 2 ½ inci tidak sejajar. Keempatnya mudah disesuaikan dan aman di tempat. Bahkan saat ini, menara ini sempurna vertikal.


Kesudahan
Menara Eiffel adalah keajaiban-bukan hanya untuk kecerdikan pada desain, tetapi juga karena selesai lebih cepat dari jadwal dan di bawah anggaran. Pameran ini dijadwalkan untuk membuka pada 6 Mei; bekerja pada menara itu selesai pada 31 Maret.
Eiffel & Company memperoleh kembali itu uang dalam waktu singkat. Selama enam bulan Pameran saja, menara yang diperoleh kembali lebih dari $ 1,4 juta $ 1.600.000 biaya konstruksi, yang dikombinasikan dengan subsidi $ 300.000 yang disediakan oleh pemerintah Prancis, mendorong menara ke dalam hitam bahkan sebelum Pameran tertutup.
Menara ini seperti struktur megah yang memenangkan lebih banyak kritikus sebelumnya. Di antara mereka adalah perdana menteri Perancis Tirard. Dia telah menentang proyek di awal, tetapi diberikan Eiffel medali Legiun Kehormatan setelah selesai. Menara, simbol keahlian teknis yang tak tertandingi Prancis, menjadi simbol Perancis itu sendiri.
Tidak semua orang yang membenci menara mengalami perubahan hati. Guy de Maupassant, novelis paling dikenal untuk The Kalung, dikatakan untuk makan secara teratur di sebuah restoran di lantai kedua menara. Alasannya: Itu adalah satu-satunya tempat di Paris di mana dia yakin dia tidak akan melihat menara. (Bahkan beberapa karakter dalam novel-novelnya membenci menara.)


TOWER FAKTA
• Setiap tujuh tahun, Menara Eiffel menerima mantel segar lebih dari 300 ton cat merah-hijau. Mengapa kemerahan-hijau? Karena, pejabat menara mengatakan, itu adalah warna yang paling tidak berbenturan dengan langit biru di atas Paris, dan pemandangan hijau dari Champ de Mars di bawah ini.
• Posisi dari empat Menara Eiffel "kaki" sesuai dengan "kardinal" titik-titik kompas: mereka titik tepat utara, selatan, barat, dan timur.
• Pada tahun 1925 Kota Paris ingin menghiasi menara dengan lampu listrik sebagai bagian dari eksposisi seni yang diadakan di dekatnya, tetapi biaya, diperkirakan sebesar $ 500.000, itu terlalu tinggi. Ketika mobil André Citroën belajar dari proyek, ia menawarkan untuk membayar sendiri ... dalam pertukaran untuk hak untuk menempatkan nama perusahaan dan logo perusahaan dalam lampu juga. Kota setuju. "Menara Eiffel," Ehrlich menulis Blake di Paris di Seine, "menjadi tanda listrik terbesar itu dunia, yang menguraikan ditelusuri dalam lampu." Lampu-lampu sangat populer sehingga menara tetap menyala dengan berbagai desain sampai 1937.
• Fakta Sad: Menara Eiffel adalah tengara paling populer untuk bunuh diri di Perancis.Dalam satu tahun rata-rata, empat orang bunuh diri dengan melompat dari menara atau, kadang-kadang, dengan menggantung diri dari besi tempa balok. Orang pertama yang tewas dalam melompat dari menara, pada tahun 1911, bukanlah bunuh diri disengaja - orang itu bernama penjahit Reichelt yang telah dijahit dirinya "-sayap cape-loaded bat musim semi" yang dia pikir bisa membuatnya terbang. Itu tidak.



Menarik Keterangan Tambahan
Gustave Eiffel juga dirancang dan dibangun dengan kerangka besi yang mengangkat Statuta Liberty.
Kamar dengan pemandangan: Di antara fasilitas yang Gustave Eiffel dirancang untuk menara adalah sebuah apartemen penthouse di bagian atas, lengkap dengan piano grand dan lampu sorot untuk bersinar di monumen Paris lainnya. Dia membangun untuk digunakan sendiri.


Eiffel Tower










No comments:

Post a Comment